Kamis, 13 Juni 2013

Posted by rasyid agus | File under :


Tepat hari ini, 14 Juni, dunia memperingati hari donor darah dengan sloganGive the gift of life: donate blood. Di tahun ke-10 ini, peringatan difokuskan pada pentingnya nilai mendonorkan darah kepada pasien. Tak hanya menyelamatkan hidup, donor darah juga membantu orang hidup lebih lama dan produktif.
Ironisnya di tengah peringatan ini, kesadaran orang untuk donor darah nyatanya masih cukup rendah. Menurut Direktur Unit Donor Darah Pusat Palang Merah Indonesia (PMI), dr Yuyun Soedarmono, ada beberapa hal yang membuat orang enggan donor darah. Mulai dari tidak tahu lokasi mendonor, takut sakit atau tertular infeksi, tak punya waktu, menunggu lama, hingga petugas yang kurang ramah.
Padahal, selain bermanfaat bagi penerima, donor darah juga bermanfaat untuk kesehatan si pendonor itu sendiri. Berikut adalah manfaat kesehatan yang diperoleh pendonor seperti diutarakan dr Yuyun kepada VIVAlife.
Produksi sel baru
Mendonorkan darah dapat merangsang sumsum tulang belakang Anda untuk memproduksi sel baru. Dengan kata lain, donor darah mengambil darah yang lama untuk diganti sel baru atau regenerasi sel darah.
Cegah radikal bebas
Donor darah menjaga kadar zat besi dalam tubuh agar tetap normal. "Kalau zat besi berlebihan maka hasil akhir radikal bebas (sifatnya karsinogenik). Kondisi ini dapat berpotensi menjadi kanker," kata dr Yuyun.
Hindari risiko kardiovaskular
Bagi Anda yang rutin mendonorkan darah boleh bersuka cita. Pasalnya, donor darah dapat memicu metabolisme agar aliran darah tetap lancar. Sehingga tak ada lagi penyumbatan darah pada pembuluh darah. Dengan demikian, risiko terserang peyakit jantung dan stroke berkurang.

0 komentar:

Poskan Komentar

WELCOME TO MY BLOG!!! PLEASE ENJOY READING ALL OF MY ARTICLE, IF THERE ANY ADVICE OR REQUEST? PLEASE CONTACT ME ON MY FANPAGE.. THANK YOU FOR VISITING..